Nama Mata Uang Negara Cina

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Cina - Siapa yang tidak mengenal negara Cina, satu negara superpower yang terus berusaha untuk menyaingi Amerika. Sebagai satu negara besar di kawasan Asia, Cina tentu memiliki budaya dan mata uang untuk kegiatan ekonomi. Nama mata uang dari Cina adalah Yuan atau biasa disebut Renmimbi. Pihak yang berwenang untuk mencetak uang di Cina yakni The People’s Bank of Cina.

Istilah dari Yuan sendiri berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti koin bundar, dan pecahan mata uang dari Cina ini terdiri dari 0.01 Yuan, 0.05, 0.10, 0,50, dan 1 Yuan. Sedangkan untuk uang kertas Yuan Renminbi terdiri bari pecahan 1 Yuan, 5, 10, 20, 50, dan 100 Yuan.
Nama Mata Uang Negara Cina
1 Yuan berapa Rupiah
1 Yuan = Rp 2 151.61

Mata uang Yuan yang beredar di Cina ini ternyata pernah dipatok dalam nilai Dolar AS, namun patokan tersebut hanya bertahan selama 11 tahun tepatnya berakhir pada 21 Juli 2005. Pematokan nilai uang tersebut sebenarnya mendapat kecaman dari pihak Amerika sendiri dimana sebagai pemilik Dolar AS sebagai mata uang resmi menganggap bahwa ada upaya dari Tiongkok untuk menjaga barang-barang produksi dari negara tirai bamboo tersebut dapat dijual murah di pasar internasional.

Advertisement
Seperti yang kita ketahui Cina memang sudah terkenal sebagai satu negara yang menjual produknya ke luar negeri dengan harga cukup murah.  Sejak kecaman dari Amerika maka matau uang Yuan Renminbi dievaluasi dan dinilai ulang pada 8.11 Renminbi untuk setiap 1 Dolar AS. Hal itu dilakukan bersama dengan digunakannya kembali mata uang Ringgit Malaysia untuk mata uang resmi dari Malaysia.

Karena perkembangan perekonomian Cina semakin cepat, maka perputaran uang di negara itu juga cepat. Cina juga tergolong dalam kategori negara paling maju dalam perekonomiannya sehingga jarang melakukan produksi uang baru.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Cina :
  1. Nama Mata Uang Negara Chili
  2. Nama Mata Uang Negara Chad
  3. Nama Mata Uang Negara Sri Lanka
  4. Nama Mata Uang Negara Ceko
  5. Nama Mata Uang Negara Kanada

Dari tahun ke tahun nilai mata uang Yuan masih terbilang stabil, tidak banyak perubahan dan masih tetap menggunakan dua macam yakni uang kertas dan koin. Itulah sekilas tentang Nama Mata Uang Negara Cina, semoga informasi di atas berguna untuk Anda.