Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam - Artikel ini akan mengulas tentang mata uang Brunei Darussalam secara lengkap. Siapa yang tidak mengenal negara ini, satu negara yang berdekatan dengan dua negara yakni Indonesia dan Singapura ini ternyata memakai nama mata uang Dollar. Pada tahun 1800 hingga 1967 Brunei menggunakan sistem keuangan Singapura. Mata uang Brunei dipatok terhadap Dollar Singapura pada rasio 1 : 1. Tidak hanya itu saja Singapura juga menjadi mitra dagang terbesar bagi Brunei Darussalam.

1 Dollar Brunei berapa Rupiah
1 Dollar = Rp 9 758.58

Sejarah, dari tahun ke tahun Brunei menggunakan mata uang Dollar Singapura dan pada tahun 1800 Dollar Dagang Perak Meksiko atau Silver Mexico Trade Dollar dipakai sebagai mata uang. Tetapi Dollar Dagang Perak Meksiko tidak bertahan lama, dan diganti oleh Dollar Penempatan Selat yang menjadi mata uang resmi negera selat termasuk Brunei. 
Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam
Mata uang tersebut digunakan oleh para Negara Selat dari tahun 1871 hingga 1941 dan dipakai juga oleh pemerintah Malaysia pada tahun 1863 hingga 1941, tidak hanya itu Serikat Borneo Utara Britania juga memakai mata uang Negara Selat ini dari tahun 1967 sampai 1941. Dollar Selat mengalami perubahan lagi pada saat Jepang menduduki Brunei tahun 1941 sampai 1945. 

Advertisement
Dolar Gumpyo Jepang menjadi mata uang baru yang dikenalkan Jepang untuk menyaingi Dollar Selat. Jepang membangun sebuah bank yang bernama Bank Pembangunan Selatan pada tahun 1942 yang menjadi bank pusat dari 6 negara asia tenggara diantaranya Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Brunei, dan Singapura. Untuk pertama kalinya bank tersebut diizinkan untuk merilis uang kertas Jepang.

Pada tahun 1967 Brunei mendirikan lembaga keuangan dan menarik mata uangnya sendiri pada tahun 1967, sejak itu mata uang Brunei diikat pada Dollar Singapura. Uang ketas dirilis oleh Brunei pada tahun 1967 sampai 1988 hingga sekarang. Namun pada saat itu nama dari Dollar Brunei adalah Ringgit namun uniknya orang Melayu menamainya dengan Ringgit Brunei. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam :
  1. Nama Mata Uang Negara Brazil
  2. Nama Mata Uang Negara Bolivia
  3. Nama Mata Uang Negara Belgia
  4. Nama Mata Uang Negara Belanda
  5. Nama Mata Uang Negara Bangladesh

Pada tahun 1967 Sebuah perjanjian perubahan dimana bank dan pihak berkuasa dari Brunei, Malaysia, dan Singapura menerima uang kertas dan koin dari dua negara lain tanpa biaya perubahan. Tetapi Malaysia mengakhiri perjanjian dengan Singapura pada 8 Mei 1973, sedangkan Brunei masih menjalin kerjasama dengan Singapura hingga sekarang. Itulah tadi ulasan mengenai Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam semoga bermanfaat.