Nama Mata Uang Negara Inggris

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Inggris - Artikel ini akan menjelaskan tentang mata uang dari Inggris secara lengkap. Seperti yang kita ketahui Inggris merupakan bagian dari Britania Raya dena berbatasan langsung dengan Skotlandia. Dalam perekonomiannya Inggris menggunakan mata uang Poud Sterling atau Pounds saja.

Dalam pembagiannya, Pound Sterling ini dibagi menjadi mata uang berbentuk koin dan kertas. Untuk koin terdiri dari pecahan 1 penny, 2 pence, 5 pence, 10 pence, 20 pence, 50 pence, 1 pound, dan 2 pound. Sedangkan untuk uang kertasnya dibagi menjadi 5 pounds, 10, 20, dan 50 pounds.
Nama Mata Uang Negara Inggris

1 Pound Sterling berapa Rupiah?
1 Pound Sterling = Rp 20 757.15

Pound Sterling ternyata menjadi satu mata uang paling tua di dunia dan yang tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Dari kata-katanya pound dan sterling mengacu pada logam perak dengan seberat satu pound untuk nilai pembanding mata uang tersebut. Kini di masa modern seperti saat ini pemahaman tersebut tidak lagi digunakan karena sudah ditentukan mekanisme pasar yang berdasarkan permintaan dan penawaran.

Advertisement
Meskipun Inggris masuk dalam kawasan Eropa, ternyata negara dengan ibukota London ini tidak menggunakan Euro sebagai mata uang. Selain Inggris, negara di kawasan Eropa yang tidak menggunakan Euro adalah Denmark dan Swedia. Poun Sterling ternyata punya banyak sejarah dan keunikan di mata penduduk Inggris.

Mata uang ini menjadi lambang kekuatan dan warisan budaya bagi orang Inggris. Keunikan dari mata uang Pound Sterling ini adalah adanya huruf Braille dan menjadi satu-satunya mata uang yang terdapat logo di atas lembaran uang. Kisahnya di masa lalu sebelum menggunakan Pound Sterling, masyarakat Inggris memakai uang koin yang terbuat dari perak seperti di Amerika Serikat.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Inggris :

Tetapi karena faktor mahalnya bahan baku pembuatnya, dan mudah rusak akhirnya pemerintah Inggris mencampur bahan pembuat koin dengan logam sterling. Bahan sterling dipercaya mampu memberikan banyak keuntungan diantaranya tahan lama dan murah. Pound Sterling pertama kali diperkenalkan oleh Raja Inggris King Henry II dan dijadikan mata uang resmi Inggris hingga saat ini. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Inggris Semoga bermanfaat.