Nama Mata Uang Negara Timor Leste

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Timor Leste - Beberapa negara menggunakan mata uang dolar, tidak hanya Amerika Serikat. Namun nilai tukarnya tentu tidak sama. Negara tersebut adalah Ekuador, Palau, Panama, Zibabwe, Puerto Rico dan Timor Leste. Kali ini mengulas tentang mata uang dolar yang digunakan negara Timor Leste atau Timor Timur, negara yang dahulu menjadi 1 wilayah dengan Indonesia.

Timor Leste, nama mata uang negaranya adalah Dollar. Negara ini memakai uang dolar baik koin maupun uang kertas, diedarkan tahun 2000 untuk mengganti mata uang Indonesia rupiah yang digunakan sejak tahun 1975 sampai 1999, seiring dengan lepasnya negara ini dari bagian Nusantara. Pada tahun 2003 diperkenalkanlah centavos, koin keluaran pemerintan Timor Leste yang mempunyai nilai sama dengan 1 cent.
Nama Mata Uang Negara Timor Leste
Sehingga centavos bisa disamakan dengan sub unit dollar, 1 USD dollar = 100 cent atau 100 centavos. Koin centavos terdiri dari pecahan 1, 5, 10, 25, dan 50. Koin ini memiliki desain unik bergambar tumbuhan dan hewan khas Timor Leste dengan tulisan Republica Democratica de Timor-Leste.

Advertisement
Sampai saat ini Timor Leste belum menerbitkan dan mengedarkan uang kertas buatan negara sendiri, artinya Timor Leste masih menggunakan uang kertas dolar yang sama dengan Amerika. Namun beberapa daerah perbatasan masih menggunakan rupiah.Hal ini berdampak lebih buruk pada perekonomian Timor Leste sejak lepas dari Indonesia. Negara ini masih dikatakan bergantung pada pasokan dari Indonesia lewat Nusa Tenggara Timur.

Pasokan makanan juga bergantung pada bantuan Internasional, dan masyarakat sama sekali tidak konsumtif, menyebabkan timor Leste berada pada deretan negara berekonomi menengah ke bawah.Nilai tukar dolar di Timor Leste, nama mata uang negaranya adalah Dollar tentunya mengikuti nilai tukar US Dollar yang saat ini (Februari 2016) berada di angka 13.770 rupiah.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Timor Leste :

Memang Timor Leste bukan negara kaya, namun nilai tukar ini bisa berdampak sangat besar bagi warga Indonesia. Selain warga Timor Leste bisa membeli barang  hanya dengan 1 dolar, warga di Indonesia yang memiliki saudara di Timor menjadi semakin sulit berkunjung. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Timor Leste semoga bermanfaat.