Nama Mata Uang Negara Belanda

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Belanda - Artikel ini akan menjelaskan tentang salah satu negara di Eropa, Belanda, Nama Mata Uang Lama Negaranya Adalah Gulden. Banyak yang mengetahui bahwa Gulden merupakan mata uang dari Belanda selama beberapa abad sebelum diganti dengan Euro pada 1 Januari 2002. Belanda yang berada di Propinsi Eropa Barat ini memiliki sejarah unik untuk mata uangnya. Ya tentu saja Gulden memiliki sejarah dan keunikan tersendiri berbeda dari mata uang lainnya. 
Nama Mata Uang Negara Belanda
Nama Gulden awal mulanya dipakai untuk mata uang kepingan emas, tetapi kemudian diubah kembali menggunakan nama kepingan perak. Ternyata gulden mempunyai keterikatan dengan mata uang Dollar, bagaimana bisa? Hal tersebut terlihat dari nama lain gulden yakni florin, untuk satu setengah gulden disebut daalder, kemudian untuk dua setengah gulden diberi nama rijksdaaleder. Daalder sendiri merupakan asal mula nama mata uang Dollar.

Advertisement
1 Gulden Berapa Rupiah
1 Gulden = Rp 7 657,63

Dari masa lalu perkembangan transaksi perekonomian semakin cepat dari barter barang hingga ditemukan uang. Penyebaran dan transaksi mata uang disetiap negara hampir dipastikan sama yakni hanya ramai di perkotaan saja. Dalam sejarah Eropa nama gulden juga pernah dipakai negara lain sebagai mata uang yakni Austria, Hungaria, Bavaria, Baden, Frankfurt, Wurttemberg, dan Mainz. 

Gulden Belanda dijadikan sebagai nama mata uang sejak abad ke 17 hingga pada tahun 2002, namun untuk pembayaran fisik masih dilakukan dengan transaksi gulden dikarenakan tidak ada koin yang tersedia. Negara Suriname yang menggunakan gulden sebagai alat transaksi jual beli juga mengalami pergantian di tahun 2004 menjadi dollar Suriname. Arti kata Gulden merupakan kata sifat dari bahasa Belanda yang berarti emas, dan nama tersebut diberi symbol ƒ atau fl. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Belanda :
  1. Nama Mata Uang Negara Bangladesh
  2. Nama Mata Uang Negara Azerbaijan
  3. Nama Mata Uang Negara Austria
  4. Nama Mata Uang Negara Australia
  5. Nama Mata Uang Negara Armenia

Ternyata selain negara wilayah Eropa, Indonesia juga pernah menggunakan mata uang gulden Belanda ini yakni sejak tahun 1610 hingga 1817. Namun setelah tahun 1817 mulai diperkenalkan mata uang baru yakni gulden Hindia Belanda pada saat penjajahan Jepang. Itulah tadi ulasan dari Belanda, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Gulden. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Belanda semoga bermanfaat.