Nama Mata Uang Negara Bangladesh

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Bangladesh - Bangladesh merupakan sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan India, Myanmar, dan Teluk Benggala. Bangladesh dan Benggala barat di India membentuk kawasan etno-linguistik Benggala. Bangladesh pada umumnya berarti Negara Bangla. Ibukota negara ini adalah Dhaka. Bangladesh ini mempunyai mata uang yang di namakan Taka. Taka ini mempunyai pecahan mulai dari 10, 20, 50, 100, sampai 1000Tk. Jika di rupiahkan maka,  50Tk sama dengan 8600 rupiah. 

Pada tahun 1947, Perbatasan Bangladesh ditetapkan melalui pemisahan negara India. Negara ini berbatasan di sebelah timur dengan Pakista Timur yang terpisah sejauh 1.600 km dari sebelah barat. Perbedaan politik, bahasa, dan ekonomi menimbulkan perpecahan antara kedua belah pihak.  yang berujung pada perang kemerdekaan  tahun 1971 dan berdirilah negara Bangladesh. 
Nama Mata Uang Negara Bangladesh
Tahun-tahun berikutnya setelah kemerdekaan tidaklah mudah. Negara ini dilanda  kelaparan, bencana alam, kemiskinan, huru-hara, korupsi, dan kudeta militer. Bangladesh merupakan negara kesatuan yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer dengan presiden sebagai kepala negara.  Kedudukannya banyak diisi dengan menghadiri upacara-upacara kenegaraan. 

Advertisement
Jadi, Kendali pemerintahan sesungguhnya di bawah kekuasaan perdana menteri. Presiden dipilih oleh badan legislatif setiap 5 tahun dan memiliki kekuasaan yang normalnya terbatas. Kekuasaan presiden bertambah selama masa jabatan pemerintahan. Bangladesh masih merupakan negara berkembang, meski telah dilakukan usaha berlanjut untuk meningkatkan prospek ekonomi.

Pendapatan per kapita pada 2008 tercatat sebesar $520, namun, negara ini telah membuat kemajuan pesat dalam pengembangan manusia dengan berfokus pada pemberantasan tingkat buta huruf yang berhasil, penyetaraan gender dalam sekolah, dan pengurangan pertumbuhan penduduk Bangladesh memiliki jumlah penduduk  terbesar kedelapan di dunia dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Bangladesh :
  1. Nama Mata Uang Negara Azerbaijan
  2. Nama Mata Uang Negara Austria
  3. Nama Mata Uang Negara Australia
  4. Nama Mata Uang Negara Armenia
  5. Nama Mata Uang Negara Argentina

Hal ini  di catat di Bank Dunia pada Laporan Negara Juli 2005. sejak tahun 1975, Pendapatan per kapita Bangladesh telah meningkat dua kali lipat dan sejak awal tahun 1990-an tingkat kemiskinan menurun 20%. Negara ini dimasukan sebagai salah satu bagian dari “Next Eleven”. Dhaka yang merupakan ibukota negara ini mempunyai peran penting dalam perkembangan ini. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Bangladesh semoga bermanfaat.