Nama Mata Uang Negara Belgia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Belgia - Tidak banyak orang mengetahui tentang negara Belgia. Terletak di antara dua perbatasan Jermanik dan Latin, Belgia menjadi satu negara dimana terdapat dua kelompok etnik yakni Flandria dan Perancis. Populasi di negara ini memang tidak sepadat Perancis, namun ada yang unik dari nama mata uang Belgia ini. Franc menjadi satu nama mata uang negara Belgia sejak tahun 1916.  

Pada saat itu Belgia menjajah Rwanda yang sebelumnya menjadi jajahan Jerman, padahal Rwanda sendiri menggunakan mata uang Kongo Belgia hingga tahun 1960. Kemudian Rwanda mulai menerbitkan mata uang Franc untuk pertama kalinya pada tahun 1964. Mata uang Franc terdiri dari dua jenis yakni kertas dan logam. Untuk mata uang jenis logam terdri dari pecahan bernilai 1 franc hingga 100 Franc. 
Nama Mata Uang Negara Belgia
Uniknya setiap nilai dibuat dari bahan logam yang berbeda. Untuk nilai nominal 1 franc dibuat dari aluminium dan magnesium, untuk 5 dan 10 Franc dibuat dari perunggu, untuk 20 dan 50 Franc dibuat dari nikel berlapis besi, dan 100 Franc dibuat dari nikel berlapis cincin besi dan tembaga berlapis besi. Dari jenis uang Franc kertas terdiri dari nilai nominal 100, 500, 1000. 2000. Dan 5000 Franc.

Advertisement
1 Franc berapa Rupiah
1 Franc = Rp 358.81

Sebetulnya mata uang Franc dari Belgia ini sudah digunakan sebelum Euro, dan tidak berbeda dari mata uang lainnya Franc mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Contohnya untuk tahun pembuatan 1990 hingga 1994 sudah tidak digunakan lagi pada tahun 2001 hingga 2002. Tidak berbeda jauh dari uang kerta, jenis uang franc logam juga semakin jarang dijumpai hingga saat ini diburu oleh kolektor benda seni. 

Baca juga ternyata Nama Mata Uang Negara Belgia :
  1. Nama Mata Uang Negara Belanda
  2. Nama Mata Uang Negara Bangladesh
  3. Nama Mata Uang Negara Azerbaijan
  4. Nama Mata Uang Negara Austria
  5. Nama Mata Uang Negara Australia

Ternyata ada satu keunikan lagi dari uang Belgia ini dimana orang Belgia memiliki berbagai 3 bahasa atau tepatnya 3 dialek untuk menyebut uang Franc yakni bahasa Perancis, Flemish Belanda, dan Jerman.  Contohnya untuk uang Franc dengan nominal 2000 disebut Nationale Bank Van Belgie 2000 Tweeduizend Frank, Banque Nationale De Belgique 2000 Deux Mille Francs, dan Belgische National Bank 2000 Zweitausend Franken. Itulah tadi ulasan tentang Franc, mata uang dari Belgia. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Belgia semoga bermanfaat.