Nama Mata Uang Negara Bolivia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Bolivia - Apakah yang Anda ketahui tentang negara Bolivia? Sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan berbatasan langsung dengan Brazil. Bolivia menjadi satu daerah terpencil di wilayah Amerika dan menjadi satu negara penghasil timah dan koka paling besar di dunia. Keadaan perekonomian di negara ini tergolong kurang berkembang karena beberapa faktor.
Nama Mata Uang Negara Bolivia
Boliviamus yang menjadi mata uang Bolivia tidak bisa bersaing dengan nilai tukar mata uang asing menjadi satu pemicu lambatnya pereknomian di Bolivia.sejak tahun 1987 Boliviamus telah menjadi mata uang resmi Bolivia menggantikan mata uang Peso Bolivia. Setiap satu mata uang dibagi menjadi 100 centavos dadn terbagi lagi menjadi beberapa nominal yakni 10, 20, 50, 100, dan 200.

1 Boliviamus Berapa Rupiah
1 boliviamus = Rp 7433.41

Sejarah, setelah ditetapkannya mata uang Bolivia menjadi Boliviamus, tepat lima tahun setelahnya yakni pada tahun 1985 pemerintah Bolivia membuat program jangka panjang untuk stabilisasi makro ekonomi dan reformasi struktural. Program tersebut diharapkan mampu menjaga stabisitas harga, menghasilkan keadaan ekonomi yang terus berkembang, dan mengurangi kelangkaan barang.

Advertisement
Namun ada satu kendala dalam mempercepat perkembangan perekonomian Bolivia, walau dengan mata uang baru, usaha untuk mengembangkan keuangan masih menggantungkan bantuan asing. Contohnya pada tahun 2002 Bolivia berhutang pada Amerika sebesar 4,5 miliar Dolar ke pihak kreditur asing. Hal itu menimbulkan kapitalisasi oleh piha luar, perusahaan luar negeri beramai-ramai masuk ke Bolivia.

Akibat dari kapitalisme rakyat Bolivia menentangnya dan pada tahun 2012 pemerintah negara ini mendepak beberapa perusahaan asing seperti Coca-Cola. Masyarakat Bolivia kemudian lebih memilih mengkonsumsi produk lokal seperti Mocochine. Perlahan namun pasti, perkembangan ekonomi Bolivia semakin membaik, terbukti kebijakan mendepak Coca Cola diikuti negara lain yakni Venezuela.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Bolivia :
  1. Nama Mata Uang Negara Belgia
  2. Nama Mata Uang Negara Belanda
  3. Nama Mata Uang Negara Bangladesh
  4. Nama Mata Uang Negara Azerbaijan
  5. Nama Mata Uang Negara Austria

Ternyata tidak hanya produk minuman Coca Cola saja, restoran cepat saji McDonald’s juga mendepaknya karena latar belakang mentalitas rakyat Bolivia yang menentang konsen Makanan Siap Saji. Bahkan penduduknya lebih memilih mempersiapkan segala masakan dengan baik. Itulah ulasan tentang Nama Mata Uang Negara Bolivia, semoga bermanfaat.