Nama Mata Uang Negara Irak

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Irak - Irak, tentunya negara ini sudah sering Anda dengar. Irak terkenal dengan produksi minyaknya dan ada satu lagi dalam perekonomiaannya Irak menggunakan mata uang Dinar. Memang Irak memiliki hubungan perekonomian dengan negara tetangga yakni Iran. Terbukti setelah mata uang Iran yakni Real diperkenalkan pada tahun 1798 untuk 1 Real bernilai 1250 Dinar.

Sejarah ekonomi di Irak menunjukkan pada tahun 1968 hingga 2003 Irak mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat sehingga membuat kemakmuran di masyarakatnya. Namun dalam beberapa dekade pemerintahan Irak mengalami stagnasi politk, sosial dan ekonomi. Karena faktor eksternal, pendapatan tahunan di Irak menurun drastis.
Nama Mata Uang Negara Irak

1 Dinar berapa Rupiah?
1 Dinar = Rp 12.38

Untuk menghentika gejolak ekonomi dan politk pada tahun 1979 Irak mengadakan revolusi besar-besaran dipimpin oleh Presiden Saddam Hussein. Namun kebijakan yang diambil Hussein malah membuat peperangan antara Iran dengan Irak dan itu malah berakibat terhadap perekonomian. Sebagai mata uang resmi peperangan bisa mengakibatkan nilai nominal menurun dan para investor tidak ingin menanamkan modalnya di negara yang sedang melakukan perang.

Advertisement
Akhir dari peperangan antara Irak dan Iran mengakibatkan Irak dalam depresi eknomi, jalan keluar yang ditempuh oleh pemerintah Irak adalah berhutang ke luar negeri. Kondisi ekonomi Irak semakin parah dikarenakan Kuwait dengan sengaja meningkatkan produksi minyak setelah perang dan hal itu mengurangi harga minyak internasional dan melemahkan ekonomi Irak.

Pada akhir abad ke 21 setelah peperangan dengan Amerika Serikat, Irak berusaha untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi. Masyarakat Irak mulai mendistribusikan uang dan modernisasi uang publik semakin gencar dilakukan. Beberapa peperangan dan mengalami keterpurukan ekonomi membuat Irak menjadi satu negra yang tangguh.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Irak :

Pemerintah Irak mulai mempertimbangkan untuk memberikan tagihan pajak kepada perusahaan-peusahaan yang masih beroprasi dan tentu meningkatkan produksi minyak. Meminat bantuan ke luar negeri akan semakin sulit mengingat Irak pernah mengalami peperangan dengan Amerika Serikat. Semoga informasi tentang Nama Mata Uang Negara Irak tadi bisa menambah wawasan Anda.