Nama Mata Uang Negara El Savador

Advertisements

Nama Mata Uang Negara El Savador - Artikel ini akan membahas mengenai mata uang negara El Salvador secara lengkap. Mungkin Anda jarang mendengar Negara El Salvador, salah satu negara di Amerika ini memiliki mata uang bernama Kolon. Dari namanya terdengar aneh, namun saat ini mata uang Kolon telah diganti menjadi Dolar Amerika. Sebelum menggunakan Dolar Amerika, Kolon sempat menjadi mata uang resmi El Salvador pada tahun 1892 hingga 2001.
El Savador, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kolon
Denmark, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Dolar
1 Dolar El Savador Berapa Rupiah?
1 Kolon = Rp 25.87
Sejarah menjelaskan kepada dunia pada tahun 1821 sebelum digunakannya mata uang Kolon, El Salvador dan propinsi di Amerika Tengah menyatakan merdeka dari bangsa Spanyol dan menjadi satu bagian dari Kekaisaran Meksiko. Pada saat itu ekonomi di El Salvador masih terbilang belum stabil karena beberapa masalah dalam negeri khususnya pemerintah juga belum stabil.

Advertisement

Kemudian pada tahun 1823 dibentuklah satu federasi bernama Provincias Unidas del Centro de America yang menjadi satu awal terjadinya revolusi di El Salvador. Tetapi federasi tersebut tidak bertahan lama dan di tahun 1838 El Salvador menjadi republic merdeka. Pada masa lalu jenis uang dari luar negeri masih mendominasi perekonomian El Salvador, lalu pada tahun 1872 hingga 1898 dibentuklah federasi tanah genting terdiri dari Honduras, Nikaragua, dan El Salvador.

Tetapi upaya untuk membangun ekonomi dari tiga negara mengalami kebuntuan, Honduras dan Nikaragua tidak ingin bergabung ke federasi tanah genting. Sejarah menunjukkan untuk memenuhi kebutuhan perekonomian di El Salvador menggantungkan pada sektor ekspor monokultur tepatnya kopi. Walaupun mengandalkan komoditas kopi, tetap saja perekonomian di El Salvador mengalami pasang surut tergantung dari pasar dunia.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara El Savador :

Sistem ekonomi di El Salvador mengalami penginkatan meskipun lambat. Pergantian Presiden pertama kali di abad ke 19 menjadi penentu perkembangan infrastruktur mulai dari rel kereta api dan fasilitas pelabuhan. Karena nilai tukar mata uang Kolon masih kecil dibandingkan dengan negara lain maka El Salvador menggantinya dengan Dolar Amerika. Hal itu dapat meningkatkan nilai jual tinggi terhadap penjualan kopi mereka. Nah, itu tadi ulasan mengenai Nama Mata Uang Negara El Savador semoga bermanfaat.