Nama Mata Uang Negara Irlandia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Irlandia - Irlandia, mata uang negaranya adalah Pound. Namun sekarang ini mata uangnya berubah menjadi Euro. Nama mata uang ini memang mirip dengan nama mata uang yang lain dan banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam mata uang pound milik Republik Irlandia. Berikut ini ulasan seputar mata uang dunia Irlandia :

Irlandia, mata uang negaranya adalah Pound memiliki simbol £, akan tetapi untuk membedakannya dari pound yang juga merupakan mata uang beberapa negara lain biasanya terdapat imbuhan yang menjadikannya IR£. Pound Irlandia memiliki julukan Quid, dimana jamaknya dalam bahasa Inggris ialah pounds dan dalam bahasa Irlandia sendiri ialah puint. 
Nama Mata Uang Negara Irlandia
Dalam bahasa Inggris, mata uang Irlandia umumnya disebut dengan Irish Pound, sedangkan di negara Irlandia sendiri, mata uangnya disebut dengan Punt Éireannach. Mata uang ini ditetapkan di negara Irlandia mulai pada tanggal 13 Maret 1979. Pound Irlandia (IR£) menjadi mata uang resmi sampai Uni Eropa mengumumkan pergantian mata uang resmi bagi eurozone pada tahun 2002.

Advertisement
Negara anggota eurozone seperti Jerman, Spanyol, dan Belgia juga mengganti mata uang mereka dengan Euro (EUR). Uang logam yang digunakan Irlandia, mata uang negaranya adalah Pound ialah ½p, 1p, 2p, 5p, 10p, 20p, 50p dan £1. Sedangkan uang yang kerap digunakan ialah £5, £10, £20, dan £50. Akan tetapi untuk £50 hanya beredar selama dua tahun terakhir sebelum Euro.

Uang yang jarang digunakan dalam pound Irlandia ialah £50 dan £100. Pusat pengadaan uang dan perekonomian dipegang oleh Bank Sentral yakni Bank Sentral Irlandia atau Central Bank of Ireland yang juga merupakan regulator jasa keuangan Irlandia yang menerbitkan uang kertas dan koin pound Irlandia hingga diperkenalkan mata uang Euro, dan sebagainya. Pound Irlandia (IR£) dicetak oleh Currency Centre di Bank Sentral Irlandia.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Irlandia :

Kurs 1 Pound Irlandia (IR£) Berapa Rupiah Indonesia ? saat ini berada di angka Data terkini diperbarui pada tanggal 29 Januari 2016 untuk mata uang dunia pound Irlandia (IR£). Nilai tukar EUR 1 = 0,7876 IEP. Jika menggunakan kurs lama ireland pound, maka nilai tukarnya terhadap rupiah Indonesia menjadi 1 IEP =  IDR 18,875. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Irlandia Semoga bermanfaat.