Nama Mata Uang Negara Kazakhstan

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Kazakhstan - Kazakhstan, nama mata uang negaranya adalah Tenge – Kazakstan ini di juluki sebagai ‘Virgin Lands’ hal ini di sebabkan karena beberapa bagian dari negara ini ada yang belum terjamah sama sekali. Nama kazakhtan sendiri berasal dari bahasa latin Qarandi. Sebenarnya, Kazakhtan ini merupakan bagian dari Negara Rusia.

Namun setelah Perang Dunia ke-2 Kazakhtan berdiri sendiri. Tepatnya pada tanggal 16 Desember tahun 1991. Kazakhstan, nama mata uang negaranya adalah Tenge. Tenge ini di resmikan pada tahun 2003. Setelah sebelumnya menggunakan Kazak Ruble, yakni mata uang peninggalan Uni Soviet.
Nama Mata Uang Negara Kazakhstan
Karena sebelumnya adalah negara Rusia, maka tidak heran jika negara ini banyak di huni oleh etnis Rusia dan berbatasan dengan negara-negara etnis Rusia. Seperti Xianjiang, Tiongkok , Uzbekistan, Turmenistan, Kirgistan, dan Rusia. Bahkan, peluncuran roket Negara Rusia juga di lakukan di negara ini. yaitu di Baikonur. Wilayah Kazakhstan, nama mata uang negaranya adalah Tenge ini cukup panjang.

Advertisement
Bahkan menempati urutan ke 9 sebagai negara terluas dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Wilayah negara ini terbentang dari Pegunungan Altai hingga Laut Kaspia. Bisa di bilang, Kazakhtan ini adalah Negara muslim. Pasalnya, 70 % darinegara ini beragama Islam. Lalu di susul dengan agama Kristen sebangak 26 % dan sisanya Buddha dan Atheis.

Kehadiran Kristen di negara ini kemungkinan berasal dari negara Rusia dan Eropa. Untuk kondisi ekonomi, Kazakhtan mengandalkan sumber daya alam. Para warganya yang berprofesi sebagai petani mengembangkan tanah mereka dengan menanami gandum. Selain itu juga banyak dari mereka yang menjadikan peternakan sebagai salah satu pilihan untuk menyambung hidup.

Hal ini di karenakan tekstur tanah dan rumput di Kazakhtan ini cukup bagus. Bukan hanya pertanian dan peternakan, pertambangan minyak di negara ini juga sangat bagus. Hal ini tidak di sia-siakan oleh para investor untuk menambang dan menyuling minyak dengan mendirikan industri-industri baru yang semakin berkembang.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Kazakhstan :

Kazakhstan, nama mata uang negaranya adalah Tenge. Tenge ini di inisialkan menjadi KZ. Sedangkan Indonesia Rupiah menjadi Rp. 1 Dollar Amerika, sama dengan 148 KZ, namun Rp10.000 sama dengan 263 KZ. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Kazakhstan Semoga bermanfaat.