Nama Mata Uang Negara Malaysia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Malaysia - Malaysia sebagai negeri Jiran, bertetangga dengan Indonesia  memang memiliki banyak kesamaan baik pada budaya, bahasa serta corak lainnya. Namun untuk mata uang, Malaysia, nama mata uang negaranya dalah Ringgit. Walaupun merupakan negara persemakmuran Inggris, Malaysia tidak menggunakan pound sebagai mata uangnya.
Nama Mata Uang Negara Malaysia

Kode, Istilah dan Sejarah

Negeri jiran Malaysia, nama mata uang negaranya dalah Ringgit. Mata uang ini memiliki kode MYR (malaysian dollar, dulunya). Di samping itu, ringgit Malaysia memiliki sejarah yang bersinggungan dengan mata uang Dollar ($) yang digunakan sebelum beralih ke Ringgit. Kemudian pada tahun 1990-an, mata uang Malaysia diubah menjadi RM atau Ringgit Malaysia.

Advertisement
Nama “Ringgit” sendiri memiliki latar belakang dari sisi bergerigi uang perak Spanyol yang dulunya digunakan secara luas. Bagi penduduk Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan dan bertetangga dengan Brunie Darussalam, juga dikenal Dolar Brunei yang masyarakat local dipergunakan sebagai alat tukar.

Pada Agustus 1975, Ringgit diterima sebagai mata uang resmi Malaysia. Bank Negara Malaysia mengambil keputusan untuk mengambangkan Ringgit terhadap sejumlah mata uang besar, mulai pada tanggal 21 Juli 2005.

Nilai Ringgit dan Pecahannya

Mata uang Malaysia, nama mata uang negaranya dalah Ringgit mempunyai sub unit satuan : RM 1 =  100 sen. Pecahan uang logam yang beredar di Malaysia kini adalah 5, 10, 20, dan 50 sen.  5 dan 10 sen terbuat dari baja stainless sedangkan 20 dan 50 sen terbuat dari campuran nikel dan kuningan.

Khusus 50 sen, ada tambahan copper (tembaga) pada uang logamnya. Nominal pecahan uang kertas Ringgit Malaysia adalah 1, 5, 10, 20, 50, dan 100. 1 dan 5 ringgit malaysia terbuat dari kertas polymer, sedangkan lainnya dibuat dari kertas.

Edisi terbaru uang kertas atau banknotes Ringgit Malaysia diedarkan tahun 2012, dengan desain tampak depan Tuanku Abdul Rahman dan Bunga Nasional Hibiscus. Indonesia pernah digunakan satuan moneter Ringgit yang digunakan hingga tahun 1970-an yakni koin pecahan 1 ringgit, dengan nilai Rp. 2,50.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Malaysia :

Konversi Mata Uang

Dari Rupiah Indonesia (IDR) ke Ringgit Malaysia (MYR) memiliki rate 3,345.04 dimana 1 IDR bernilai 0.000299 (update tanggal 30 Januari 2016). Nilai tukar terhadap Rupiah Indonesia dari Dana Moneter Internasional. IDR faktor konversi memiliki 6 signifikan digit, begitu pula dengan mata uang dunia Malaysia yakni 6 signifikan digit. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Malaysia semoga bermanfaat.