Nama Mata Uang Negara Nepal

Nama Mata Uang Negara Nepal - Mata uang merupakan satu alat transaksi yang ditujukan kepada kegiatan jual beli barang dan jasa. Perkembangan mata uang di satu negara dengan negara lainnya tentu berbeda. Nepal satu negara yang memiliki mata uang bernama Rupee ini ternyata memiliki kisah sejarah menarik. Rupee digunakan oleh India dan lambang untuk mata uang ini berupa INR. Rupee sudah menjadi mata uang resmi dari Nepal yang tiap satuannya dibagi menjadi 100 paisa.

Sejak tahun 1862 Rupee mulai diperkenalkan sebagai satu alat transaksi yang sah. Ternyata Rupee bukan hanya sebatas mata uang saja, namun sudah menjadi satu simbol dari India. Maka dari itu Anda pasti tidak pernah mendengar mata uang Rupee digunakan oleh negara lain, sama halnya dengan Indonesia yang memakai nama Rupiah.
Nama Mata Uang Negara Nepal
Nepal, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Rupee dan kini banyak dipakai sebagai alat transaksi di masyarakat. Selain simbol INR, Rupee juga dikenal dengan simbol Rs. Sebagai mata uang India, Rupee memerlukan perjalanan cukup panjang untuk diakui sebagai mata uang sah oleh pemerintah dunia. Sebelum masuk ke sejarahnya, sebaiknya Anda mengenal dahulu asal kata dari Rupee.

Advertisement
Ternyata Rupee berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti perak. Pada zaman dahulu sebelum mengalami penjajahan Inggris, masyarakat Nepal menggunakan koin perak sebagai alat jual beli. Nepal, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Rupee mulai diperkenalkan dalam bentuk kertaas pada tahun 1860 dan bentuk dari uang tersebut terdapat gambar raja.

Keberadaan uang kertas tersebut tidak lantas menghilangkan fungsi dari uang koin perak. Perubahan bentuk dari Rupee kembali dilakukan pada tahun 1947 setelah merdeka dimana dalam uang kertas tersebut terdapat gambar Mahatma Gandhi dan Asoka Singa sebagai ikon India. Dari zaman dulu hingga sekarang, mata uang Rupee diproduksi oleh Reserve Bank of India. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Nepal :

Nama Mata Uang Negara Nepal Adalah Rupee yang beredar di masyarakat merupakan hasil perubahan desain dari tahun ke tahun. Nilai tukar Rupee sempat mengalami penurunan drastis pada saat terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1966. Namun saat ini nilai tukar Rupee terhadap Rupiah semakin menguat, terbukti sejak akhir bulan Januari 2016 lalu tercatat untuk 1 Rupee = Rp 201,51. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments