Nama Mata Uang Negara Papua Nugini

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Papua Nugini - Papua Nugini pasti bagi penduduk Indonesia pernah mendengar negara ini. Sebuah negara bagian timur Papua berbatasan langsung di sebelah barat. Masih banyak orang belum mengerti seperti apa sistem pemerintahan dan perekonomian dari Papua Nugini. Mungkin Anda pernah menebak perekonomian di Papua Nugini hampir mirip dengan Papua di Indonesia. Dengan populasi 6 juta jiwa pada tahun 2014, menjadikan Papua Nugini sebagai negara dengan pendapatan cukup rendah.

Ternyata 18% penduduk bertempat tinggal di pusat kota, sisanya berada di pelosok. Dari segi geografis, negara ini terdiri dari hutan dan perbukitan yang masih jarang dieksploitasi. Untuk mencari uang atau pendapatan, penduduk Papua Nugini mengandalkan sektor pertanian sederhana. Papua Nugini, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kina dan banyak digunakan masyarakat Papua Nugini ternyata dapat dihasilkan dari bercocok tanam dan industri.
Nama Mata Uang Negara Papua Nugini
Kendala terbesar dari perekonomian Papua Nugini adalah fasilitas untuk mengolah bahan mentah. Tingginya biaya infrastruktur menjadi satu persoalan besar di negara tersebut. Sektor perundangan dan sistem pertanahan di Papua Nugini membuat banyak masalah setelah kontrak berjalan. Kalkulasi hitungan atau peluang dari pemasukan sektor pertanian sebesar 85%, sedangkan untuk hasil tambang seperti minyak bumi, emas, dan tembaga menyumbang sebesar 72%.

Advertisement
Papua Nugini, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kina masih menitik beratkan pada sektor pertanian. Pada umumnya setiap negara memiliki rasio berbeda dimana sektor pertambangan memiliki perbandingan lebih besar daripada pertanian. Setelah tahun 1997 sektor keuangan Kina semakin diperbaiki dimulai dengan menambah nilai tukar terhadap mata uang asing.

Untuk memperlancar proses tersebut memperlukan dukungan dari Bank Dunia dan IMF. Tetapi hasilnya sangat berbeda, pada tahun 2006 Komisi PBB menyatakan status Papua Nugini sebagai negara berkembang diubah menjadi negara terbelakang. Terlalu lamanya proses ekonomi menjadi faktor utama penurunan status Papua Nugini.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Papua Nugini :

Setelah ditetapkan status baru, maka dari pihak pemerintah Papua Nugini melakukan perombakan sistem ekonomi dengan menitik beratkan pada sektor usaha makro dan hasilnya pada tahun 2007 pertumbuhan ekonomi meningkat mencapai 7%. Papua Nugini, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kina masih digunakan hingga saat ini, dan untuk nilai tukar 1 Kina = Rp 4.500. Perbandingan tersebut diambil dari bulan Januari 2016 lalu. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Papua Nugini semoga bermanfaat.