Nama Mata Uang Negara Republik Kongo

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Republik Kongo - Kongo termasuk dalam negara Central Africa. Negara yang tergabung dalam Central Africa (CFA) kesemuanya menggunakan mata uang Franc dengan nilai tukar yang hampir sama terhadap rupiah. Republik Kongo menjadi salah satu dari 14 negara yang menggunakan CFA Franc ( kode ISO XAF). Berikut ini sejarah singkat Kongo, nama mata uang negaranya adalah Franc dan nilai tukarnya terhadap euro, dolar dan rupiah.
Nama Mata Uang Negara Republik Kongo

Sejarah Singkat Kongo dan CFA Franc

CFA adalah singkatan dari Colonies Francaises d’Afrique atau bisa dikatakan negara-negara di Afrika yang merupakan koloni Perancis. Artian ini hanya berlaku dari tahun 1945 sampai 1958. Kemudian setelah kemerdekaan Republik Kongo, arti CFA bergeser menjadi Communaute Financiere Africaine (Komunitas Keuangan Afrika).

Advertisement
Nilai tukar dari CFA franc mengalami perubahan 2 kali, pada tahun 1948 dan 1994. Nilai tukarnya setara dengan nilai tukar FRF atau French Franc (sebelum french diganti dengan euro pada tahun 2002), XAF 1 = FRF 1. Kemudian devaluasi besar dan tinggi terjadi di tahun 1994, dimana nilai 1 CFA franch menjadi FRF 0,01. Devaluasi ini terjadi saat membantu menaikkan ekspor Afrika.

Peredaran Uang Kertas dan Logam

Semenjak menjadi bagian dari Central Africa, Kongo, nama mata uang negaranya adalah Franc merilis uang logam pertamanya pada tahun 1948. Uang logam ini tidah hanya digunakan di Kongo, namun juga di semua negara koloni Perancis. Nominal awalnya adalah 1 dan 2 francs. Kemudian dilanjut tahun 1958 dengan munculnya uang logam nominal 5, 10, dan 25 francs. Dan tahun 1961 koin nikel 50 francs muncul.

Disusul tahun 1966 beredar koin nikel 100 francs. Dan terakhir di tahun 2006 koin baja 2 franc resmi diperkenalkan. Layaknya anggota Central Africa lainnya, Kongo juga menggunakan uang kertas yang sama. Pecahan yang beredar di Kongo saat ini adalah 500, 1.000, 2.000, 5.000, 10.000 dan 20.000. Central Bank Of The Congo adalah bank yang berhak dan secara resmi mengeluarkan koin dan uang kertas atau banknotes.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Republik Kongo :

Nilai Tukar Terhadap Rupiah

Kongo, nama mata uang negaranya adalah Franc atau Congolese Franc atau CDF mempunyai nilai tukar yang cukup rendah dibanding dengan nilai tukar mata uang sesama anggota koloni terhadap rupiah. CDF 1 = IDR 14,79. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Republik Kongo semoga bermanfaat.