Nama Mata Uang Negara Suriah

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Suriah - Beberapa waktu belakangan Syria atau Suriah menjadi perbincangan panas. Perang yang berkecamuk di negara tersebut melibatkan Russia dan negara-negara barat lainnya. Artikel berikut ini bukan mengulas tentang perang, namun tentang Suriah, nama mata uang negaranya adalah Pound. Banyak negara yang menggunakan satuan pound pada mata uang negaranya. Bisa dikatakan bahwa pound adalah satuan mata uang yang digunakan berbagai negara.

Tidak hanya Suriah, Anda bisa temukan pada negara Sudan dengan sudanese pound,  United Kingdom atau British Raya dengan pound sterling, Mesir dengan egyptian pound, dan Libanon dengan lebanon pound. Suriah, nama mata uang negaranya adalah Pound. Disingkat menjadi SYP, syrian pound dikeluarkan dan disahkan oleh Banque Centrale Syria atau Bank Sentral Suriah.
Nama Mata Uang Negara Suriah
Mempunyai nama lain Al-Lira As-Suriyya, mata uang ini memiliki sub unit 100 qirush – qirush adalah bentuk jaman dari qirsh/piastres – namun koin ini sudah lama tidak diedarkan. Beberapa pengetahuan umum seputar Suriah, nama mata uang negaranya adalah Pound : Dari tahun 1947 sampai Suriah merdeka, dalam 1 uang kertas Suriah menggunakan 3 bahasa yang berbeda : Arab, Perancis, dan Inggris.

Advertisement
Bahasa Arab digunakan pada bagian depan uang kertas, dan bagian belakang menggunakan bahasa Perancis. Dua bahasa ini bertahan sampai tahun 1958, kemudian bagian belakang diganti dengan bahasa Inggris. Beda halnya dengan uang koin. Sejak dicetak sampai Suriah merdeka, menggunakan 2 bahasa, yaitu Arab dan Perancis. Setelah merdeka, uang koin dicetak hanya dengan huruf Arab sampai kini.

5 Desember 2005, United States atau Amerika mengeluarkan ketetapan nilai tukar terhadap Syrian Pound. 1 US dollar sama dengan 58,4 SYP. Perang saudara yang berkecamuk melawan kepemerintahan Bashar Al Assad pada tahun 2011, menjadi awal penanda fluktuasi nilai mata uang Suriah terhadap Dollar.

Dari 47 SYP per 1 dolar, naik tajam menjadi 200 SYP per 1 dolar di tahun 2013 (sumber : www.en.wikipedia.org). 5 tahun terakhir (2010 – 2015) Suriah mengeluarkan beberapa cetakan uang terbaru. Mulai dari Series 2010 atau keluaran tahun 2010, tepatnya tanggal 27 Juli. Desain uang dibuat oleh desainer asal Austria, Robert Kalina.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Suriah :

Keluaran ini hanya memperbarui desain 50 pounds, 100 pounds, dan 200 pounds. Tahun 2014, Suriah resmi mengeluarkan uang kertas 500 pounds. Dan Juni 2015 dikeluarkanlah uang kertas 1.000 pounds. Nilai tukar SYP terhadap IDR (Indonesian Rupiah) adalah 61,915 (update 05:53:00 WIB 2/2/16). Sehingga bisa dikatakan 100 rupiah sama dengan 1,62 pounds. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Suriah semoga bermanfaat.