Nama Mata Uang Negara Swedia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Swedia - Menjadi bagian dari negara eurozone, tidak lantas menjadikan Swedia, mekanisme perubahan mata uang menjadi Euro. Kebijakan Swedia tentang penetapan mata uang diambil dari voting penduduknya, yang awalnya terhitung 56% yang tidak setuju dengan pergantian mata uang Krona, menjadi 82,6%.

Pemerintah Swedia tetap menekankan untuk tidak mengganti mata uang Krona dan menghindari adanya adaptasi terhadap Euro.Swedia, nama mata uang negaranya adalah Krona mungkin sedikit asing di telinga orang Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, Krona ditulis sebagai Krona atau svensk krona. Menilik artian Krona atau Krona secara singkat : Krona dalam bahasa Swedia dan Krone dalam bahasa Denmark dan Norwegia berarti “mahkota”.
Nama Mata Uang Negara Swedia
Sama halnya artian crown dalam bahasa Inggris. Nilai tukarnya berdasarkan mid-market rates 02-02-2016 21:34 UTC : 1 swedish krona = 1.602,22 rupiah. Krona atau Krona dipakai sejak tahun 1873, dengan pembagian 1 krona sama dengan 100 öre. Öre adalah satuan baik jamak maupun tunggal. Namun dibeberapa bagian negara, jamak dari öre adalah ören.

Advertisement
Koin öre ini sudah tidak lagi dicetak sejak tanggal 30 September 2010. Beberapa kalangan masih menggunakan alat tukar koin ini dan memasang nilainya pada barang jualan. Ketika pembeli melakukan pembayaran tunai, maka nilai ören dibulatkan menjadi pecahan terdekat krona.

Dicetak, dikeluarkan dan disahkan oleh Sveriges Riksbank, atau Bank Sentral Swiss, Krona dibagi menjadi uang koin dan uang kertas. SEK atau swedish krona dimulai dari angka 1, 5 dan 10 krona pecahan uang koin. Terdapat fakta menarik seputar koin krona :  Tahun 1974, Swedia mengeluarkan koin 5 kronor (Krona/krona bentuk tunggal, kronor bentuk jamak/plural). Pada desainnya mencamtumkan motto kerajaan dari sistem monarki.

Hanya saja pada koin tersebut tidak terdapat gambar pemimpin kerajaan saat itu, karen pada masa tersebut muncul upaya politik untuk menggulingkan sistem monarki karena kepemimpinan raja muda yang masih belum pengalaman. Berbeda dengan koin 5 kronor sebelum tahun 1974, yang mempunyai desain potret Raja Gustav VI Adolf dan juga mencantumkan motto kerajaannya.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Swedia :

Swedia, nama mata uang negaranya adalah Krona juga mencetak banknotes atau uang kertas pecahan 20, 50, 100, 200, 500, dan 1.000. Uang kertas pertama diedarkan pada 1 Oktober 2015. Pecahan awal yang dicetak adalah 20, 50, 200, dan 1.000 kronor. Kemudian pada tanggal 3 Oktober menyusul uang kertas 100 dan 500 kronor. Itulah pembahasan tentang Nama Mata Uang Negara Swedia semoga bermanfaat.