Nama Mata Uang Negara Australia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Australia - Australia yang di kenal dengan negara kanguru ini mempunyai mata uang yang di gunakan beberapa negara namun mempunyai nilai yang berbeda-beda. Yaitu Dolar Australia. Koin atau pecahan terkecil dari mata uang ini adalah  5 sen. Dollar Australia ini di kenalkan pada 14 februari 1966. Ini menggantikan mata uang sebelumnya yaitu pound Australia. 

Dollar Australia merupakan salah satu mata uang yang paling di perdagangkan keenam di pasar valas dunia dan mencakup sekitar 4-5 persen dari transaksi valas dunia. Ciri lainnya adalah semua bahan kertas uang ini adalah dari bahan polimer. Tidak diragukan lagi, Australia adalah salah satu negara maju di dunia. Kegiatan ekonomi Australia mengandalkan berbagai bidang usaha. 
Nama Mata Uang Negara Australia
Di antaranya adalah pertanian, pertambangan, pariwisata dan pendidikan. Contoh hasil pertambangan negara ini antara lain yaitu emas, bijih besi, batu bara dan gas alam. Sedangkan untuk sektor pertaniannya yaitu gandum. Tidak hanya itu, Australia ini juga menyalurkan produksi hewan ternaknya seperti sapi, domba dan ayam. 

Advertisement
Negara Australia ini juga sempat tercatat menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010 dan mendapat peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008. Pada bidang usaha pertanian, khususnya bidang peternakan negara Australia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan produksi susu dan produksi woll terbesar di dunia. 

Pada tahun 1980-an, Australia ini menerapkan sistem perekonomian campuran. Sistem perekonomian ni bertujuan membuat negara yang sejahtera, dan bergaya-Barat, dengan PDB per kapita sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Britania Raya, Jerman dan Perancis. Salah satu sistem perekonomian yang paling signifikan adalah pada tahun 2000, pertumbuhan produktivitas tenaga kerja telah bergerak melewati Amerika Serikat. 


Reformasi adalah salah satu faktor kunci di belakang kekuatan ekonomi negara Australia ini.  Pasar bebas juga merupakan karakteristik utama dari pertumbuhan ekonomi Australia. Usaha kecil juga memainkan peran penting dalam perekonomian negara ini. Empat komponen utama dari sistem perekonomian Australia ini adalah perdagangan, manufaktur, jasa, dan keuangan. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Australia semoga bermanfaat.