Nama Mata Uang Negara Chad

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Chad - Negara Chad mungkin Anda belum pernah mendengarnya, Chad termasuk dalam negara kecil yang memiliki luas 1.284.000 kilometer persegi. Kondisi alamnya rata-rata berupa gurun di kawasan utara, di daerah tengah berupa rumput tandus, dan di bagian selatan berupa semak belukar. Dalam transaksi keuangan negara dengan ibu kota Ndjamena ini menggunakan mata uang bernama Franc.

Mata uang Franc merupakan alat pembayaran untuk negara-negara di kawasan Afrika yang dipakai di beberapa negara selain Chad yakni Kamerun, Pantai Gading, Togo, Niger, Gabon, dan Republik Kongo. Sebelumnya, jenis uang Franc yang dipakai saat ini adalah CFP dan pada tahun 1945 telah diganti menjadi Franc CFA. Setiap satuan mata uang ini dibagi menjadi 100 centime.

1 Franc berapa Rupiah
1 Franc= Rp 13426.30

Nama Mata Uang Negara Chad
CFA merupakan kepanjangan dari Colonies Francaises d’Afrique atau Koloni Perancis di Afrika kemudian antara tahun 1945 hingga 1958 diganti menjadi Communaute Francaise d’Afrique atau Komunitas Perancis di Afrika. Ya, negara Chad menjadi salah satu bekas jajahan Perancis dan merdekan pada tahun 1978. Sebagian besar penduduk Chad merupakan orang Sudan, Sahara, dan Chadic.

Advertisement
Uniknya penduduk di negara ini membentuk kelompok dari beberapa derah dan orang asing. Masyarakat di Chad menggunakan bahasa Perancis dan Arab. Tidak berbeda jauh dengan negara di Afrika lainnya, tingkat perekonomian di Chad terbilang pas-pasan. Sektor pertanian menjadi satu komoditas utama dalam menjalankan roda perekonomian, namun kondisi cuaca yang jarang mendapatkan hujan membuat kekeringan panjang dan gagal panen.

Perputaran uang di Chad bisa dikatakan sangat lambat, selain faktor iklim jauhnya jarak laut dan perang saudara usai kemerdekaan makin mempeparah perekonomian. Satu harapan dari penduduknya adalah sumber daya ternak dan sumber minyak yang terdapat di dekat Danau Chad.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Chad :
  1. Nama Mata Uang Negara Sri Lanka
  2. Nama Mata Uang Negara Ceko
  3. Nama Mata Uang Negara Kanada
  4. Nama Mata Uang Negara Bulgaria
  5. Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam

Kurangnya sumber daya manusia membuat neraca perdagangan di negara ini selalu negatif. Lebih dari separuh jumlah penduduk di Chad buta huruf dan terdiri dari berbagai suku jadi mereka tidak begitu memperdulikan faktor ekonomi. Nah itu tadi ulasan mengenai Nama Mata Uang Negara Chad, semoga bermanfaat.