Nama Mata Uang Negara Sri Lanka

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Sri Lanka - Ceylon atau atau lebih dikenal dengan nama Sri Lanka tentu saja sudah familiar di telingan Anda. Tidak berbeda jauh dari negara lainnya seperti India, Pakistan, Nepal, dan Mauritius, Sri Langka menggunakan jenis mata uang bernama Rupee. Pada masa lalu masyarakat Sri Langka menyebutnya sebagai Rupee yang juga digunakan negara-negara jajahan Inggris di selatan Afrika.

Rupes diambil dari bahasa Sanskerta raupya yang berarti koin perak. Bagian atau pecahan nominal dari Rupes diberi nama paise. Uniknya penamaan Rupes di Srilangka masih menggunakan bahasa yang sama dari penamaan uang Rupiah di Indonesia dan Rufiyaa di Maladewa.

1 Rupes berapa Rupiah
1 Rupes = Rp 96.04

Nama Mata Uang Negara Sri Lanka
Sejarah mengisahkan sebelum dikenal sebagai Sri Lanka, dulu pemerintah dunia internasional mengenalnya sebagai Ceylon dan terkadang masih digunakan sampai sekarang. Peresmian berubahnya nama Ceylon menjadi Sri Lanka setelah pemiliham umum pertama dimana Parta Persatuan Nasional (United National Party) memenangkan suara terbanyak pada tanggla 2 Mei 1972.

Advertisement
Beberapa dokumen menunjukkan letak Ceylon ini berada di daerah strategis dan menjadi tempat perhentian dari Jalur Sutra pada saat Perang Dunia II. Negara dengan ibukota Sri Jawardenapura Kotte ini terkenal dengan produksi teh. Tidak sedikit penduduknya menggantungkan ekonomi dari sektor perkebunan teh.

Selain produksi teh, untuk mengantisipasi turunnya pendapatan negara, Ceylon juga memproduksi kopi, batu permata, kelapa, kayu manis, dan karet. Karena banyaknya komoditas yang diolah sampai-sampai Sri Lanka ini dijuluki Permata Samudra Hindia. Pemerintah Sri Lanka telah berhasil meraih pencapaian terbaik dari segi ekonomi pada tahun 1987 dimana Produk Domestik Bruto (PDB) memberika sumbangan sebesar 24,2 persen.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Sri Lanka :
  1. Nama Mata Uang Negara Ceko
  2. Nama Mata Uang Negara Kanada
  3. Nama Mata Uang Negara Bulgaria
  4. Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam
  5. Nama Mata Uang Negara Brazil

Penyerapan anggaran dari sektor pertanian menjadi yang terbesar, dan sektor lain seperti transportasi, perdagangan, komunikasi, konstruksi, dan industri. Sistem uang berbasis masyarakat masih diterapkan Ceylon ini terbukti dengan perekonomian kerakyatan dimana penduduk masih bisa melakukan transaksi keuangan secara bebas dan keberadaan uang di masyarakat juga stabil. Itulah tadi beberapa informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Sri Lanka ini semoga bermanfaat.