Nama Mata Uang Negara Filipina

Nama Mata Uang Negara Filipina - Pastinya Anda sudah banyak mendengar tentang negara Filipina. Ya, salah satu negara di kawasan Asia ini dalam menjalankan sistem ekonominya menggunakan mata uang Peso atau Peso Filipina. Cara lain untuk melambangkan mata uang dari Peso ini adalah PHP, PhP, Php, atau P.  dan menjadi mata uang resmi Filipina hingga saat ini. Seperti mata uang negara lainnya, Peso terdiri dari beberapa pecahan nominal dan berupa koin dan kertas. Setiap mata uang di negara dengan bahasa nasional Tagalog ini dibuat di salah satu bank nasional bernama Bangko Sentral Pilipinas.

Sejarah memang melekat di setiap mata uang tidak terlepas Peso, dimana sebelum tahun 1967 bahasa yang dipakai pada uang kertas dan koin berasal dari Bahasa Inggris namun bahasa tersebut diubah lagi menjadi Bahasa Cebuano dan berbunyi Piso. Perekonomian di Filipina sudah diterapkan pada zaman dulu sekitar 2.000 tahun yang lalu. Pada saa itu perekonomian di Filipina sebagian besar mengandalkan hasil pertanian oleh Suku Batad.
Nama Mata Uang Negara Filipina

1 Peso berapa Rupiah?
1 Peso = Rp 291.61

Pantas saja Filipina menjadi salah satu negara di Asia dimana sektor pertaniannya sangat maju dikarenakan pada saat Suku Batad masih eksis pertanian padi menjadi komoditas utama, sampai-sampai lahan untuk menanam padi mencakup lereng Gunung Ifuago dan memiliki luas 4.000 mil persegi. Karena belum banyak teknologi pada saat itu, maka masyarakat asli Filipina tersebut bercocok tanam dengan peralatan tradisional.

Advertisement
Meskipun mengandalkan sektor perekonomian di bidang pertanian, pada era tahun 90 an Filipina pernah mengalami kemunduran ekonomi akibat dari krisis finansial di kawasan Asia. Tepatnya tahun 1998 ekonomi Filipina mengalami penurunan hingga jatuh ke level 0,6%. Namun perlahan-lahan ekonomi di negara tersebut semakin membaik hingga pada tahun 2000 pemerintah Filipina mengaku ekonomi tumbuh sebesar 4%.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Filipina :

Meskipun sebagian masyarakatnya mengandalkan sektor pertanian, rata-rata penduduk usia muda di negara ini mencari nafkah di negara lain sehingga pertumbuhan ekonomi di Filipina sebagian besar disumbang oleh pengiriman uang pekerja di luar negeri. Ya, itu tadi beberapa penjelasan mengenai Nama Mata Uang Negara Filipina semoga informasi di atas bermanfaat.

Disqus Comments