Nama Mata Uang Negara Ghana

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Ghana - Siapa yang tidak mengenal Ghana? Sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan langsung dengan Pantai Gading dan Burkina Faso. Ghana terkenal sebagai satu negara penghasil cokelat terbesar di dunia selain penghasil alumunium di Afrika. Berbicara mengengai perekonomian Ghana, tidak terlepas dari peran mata uangnya. Cedi merupakan mata uang resmi dari Ghana dan dalam perkembangannya masih menjadi alat transaksi resmi hingga saat ini.

Sebelum kita masuk ke sejarah perkembangan perekonomiaanya, tentu Anda masih merasa penasaran apa arti dari kata Ghana tersebut? Ternyata Ghana berasal dari nama Kekaisaran Ghana. Sebelum masuk ke masa penjajahan Ghana pernah dikuasai oleh beberapa kekaisaran kuno. Melihat dari sistem pemerintahan di setiap kerajaan pasti mengeluarkan beberapa mata uang dalam bentuk koin dan kertas. Salah satu kekaisaran yang mengalami kemajuan dari segi ekonomi adalah pedalaman Ashanti.

Nama Mata Uang Negara Ghana
1 Cedi berapa Rupiah
1 Cedi = Rp 3 651.34

Setelah mengalami masa kekaisaran, Ghana melakukan kerjasama dengan pihak Portugis pada abad ke 15. Kerjasama tersebut dilakukan untuk memajukan perdagangan dengan negara Eropa berkembang dan maju. Walaupun menjadi negara kulit hitam Afrika pertama yang mencapai kemerdekaan, Ghana dapat menjalankan roda perekonomian dengan bergantung pada perdagangan dan bantuan luar negeri. 

Advertisement
Setelah mencapai kemerdekaan dari Britania Raya pada tahun 1957 Ghana perlahan-lahan memperbaiki kondisi ekonomi. Mata uang Cedi yang menjadi alat transaksi pada tahun 90an terus mengalami penurunan nilai dari mata uang lain termasuk Dollar dan Euro. Untuk lebih memajukan sektor tenaga kerja, Ghana terus mengembangkan eknomi di sektor tambang. Meskipun mayoritas penduduk berada di bawah garis kemiskinan, hasil tambang di negara ini cukup banyak mulai dari emas, berlian, magan, dan bauksit.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Ghana :

Dua sektor andalan dari hasil tambang terfokus ke tambang minyak dan emas, sedangkan untuk komoditas petanian mengandalkan cokelat. Itulah beberapa review dari mata uang Ghana dan beberapa sejarah perekonomiannya. Semoga informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Ghana dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada Anda.