Nama Mata Uang Negara Guatemala

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Guatemala - Setiap negara di dunia pasti memiliki mata uang resmi sebagai alat pembayaran dalam setiap transaksi. Pentingnya mata uang disebabkan semua sendi perekonomian dipastikan membutuhkannya. Saat ini kecanggihan teknologi membuat berkurangnya transaksi menggunakan mata uang seperti penggunaan ATM atau transfer antar bank.

Berbicara mengenai mata uang menarik jika membahas setiap negara, namun kali ini ada satu negara yang akan dibahas mengenai perekonomiannya serta jenis mata uangnya yaitu Guatemala. Mata uang resmi dari Guatemala adalah Quetzal dan sudah digunakan pertama kali sejak tahun 1925. Simbol yang digunakan untuk mata uang Quetzal adalah “Q”.
Nama Mata Uang Negara Guatemala

1 Quetzal berapa Rupiah
1 Quetzal = Rp 1 802.36

Republic Guatemala menjadi salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Guatemala masih tergolong negara berkembang ditandai dengan PDB per kapita mencapai 5.000 US Dollar. Dalam perkembangannya negara ini masih banyak muncul permasalahan khususnya di masalah sosial dimana Guatemala mauk dalam kategori 10 negara termiskin di Amerika Latin. Sejak zaman dulu pertanian di Guatemala menjadi satu bidang utama dalam perkembangan ekonomi.

Advertisement
Selain kopi ada beberapa komoditas lainnya yang ikut menyumbang yakni bunga, buah-buahan, sayur mayur, kerajian tangan, dan garmen. Masyarakat Guatemala mulai ramai mengelola dan medistribusikan uang mereka dengan bermodal hasil pertanian dan perkebunan. Meskipun mengandalkan sektor perkebunan pendapatan per kapita dan kesenjangan sosial di negara ini terlihat mencolok hampir setengah populasi penduduk berada di dalam angka kemiskinan.

Beberapa perang saudara selama 36 tahun membuat kesenjangan sosial di Guatemala semakin terlihat. Untuk mengakhiri peperangan tersebut dibuatlah perjanjian damai pada Desember 1996. Saat ini tantangan pemerintah Guatemala dalam meningkatkan pendapatan adalah membuka keran investor asing untuk bisa menanamkan modal di negara tersebut. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Guatemala :

Fungsi dari mata uang di setiap negara hampir sama, di dalam pembangunan pemerintah Guatemala, Quetzal menjadi satu alat transaksi penting bagi masyarakat. Itulah beberapa informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Guatemala. Semoga review dari Quetzal dan sistem ekonomi di negara tersebut bisa menjadi pembelajaran negara lain.