Nama Mata Uang Negara India

Advertisements

Nama Mata Uang Negara India - India, ya satu negara yang terkenal dengan kisah sejarah Mahabarata ini ternyata menjadi sebuah negara di Asia dengan jumlah penduduk tertinggi kedua di dunia. Popoulasi penduduk di India lebih dari satu miliar jiwa dan dipastikan roda perekonmian disana terbilang ramai dan cepat. Terbukti pada pertengahan tahun 1990 an India mendapat peringkat keempat dalam PDB. Oh ya, untuk alat transaksi jual beli, di India memakai mata uang resmi bernama Rupee.

Symbol yang digunakan untuk mata uang ini berupa Rupee India dan sudah digunakan sejak tahun 1862.  Kata Rupee berasal dari bahasa Sansekerta yakni rup atau rupa yang berarti perak. Sejarah di India menyebutkan kebudayaan kerajaan Hindhu dan Budha begitu mendominasi sehingga banyak penduduk masih melakukan ritual agama. Melihat dari rekam jejak sejarahnya, mata uang Rupee ini sangat berperan penting dalam memajukan perekonomian di India.
Nama Mata Uang Negara India

1 Rupee berapa Rupiah
1 Rupee = Rp 206.31

Bagaimana tidak, terlihat dari peradaban zaman kuno dimana salah satunya sudah dianggap memiliki ekonomi maju yakni Peradaban Lembah Sungai Indus. India saat ini masih mengekspor produk pertanian, batu mulia, kimia, hasil kerajinan kulit, tekstil, dan jasa perangkat lunak. Untuk komoditas impornya mencakup minyak mentah, pupuk, bahan kimia, dan mesin.

Advertisement
Pada tahun 2004 saja total ekspor India sudah mencapai 69,18 miliar Dollar sedangkan untuk impornya kurang lebih 89,33 miliar Dollar. Karena pertumbuhan ekonomi di India tergolong cepat maka pada tahun 2003 India mencapai rekor ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sekitar 8%. Tidak hanya itu India juga mempunyai ekonomi maju dalam urutan ke 10 untuk konversi mata uang dan mendapat peringkat ke 4 dalam PPP.

 Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara India :

Meskipun di India masih terdapat penduduk hidup di bawah garis kemiskinan namun jumlahnya semakin sedikit dari tahun ke tahun karena cepatnya pertumbuhan industry di bidang teknologi informasi. Itulah satu informasi mengenai Nama Mata Uang Negara India, mungkin bisa menjadi satu bahan ilmu pengetahuan Anda di bidang perekonomian.