Nama Mata Uang Negara Liberia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Liberia - Liberia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam, baik dari segi tambang mineral, hutan, wilayah perairan, wilayah daratan dengan iklim yang baik untuk bercocok tanam namun sangat minim sumber daya manusia : tenaga kerja, infrastruktur dan stabilitas dalam negri.

Penduduknya terkenal dengan mata pencaharian bercocok tanam dan bertambang. Liberia terkenal dengan ekspor produk karet (perkebunan) dan biji besi (tambang). Perekonomian Liberia termasuk paling terbelakang dan salah satu negara termiskin di dunia.

Hal ini disebabkan oleh fator besar perang saudara tahun 1989 sampai 1996. Perang ini menggulingkan kekuasaan minoritas Amerika-Liberia yang berkuasa saat itu. Akibatnya, infrastruktur hancur, penduduk kehilangan harta dan modal usahanya, serta ekonomi Liberia semakin terpuruk.
Nama Mata Uang Negara Liberia

Liberia, nama mata uang negaranya adalah Dollar

Monrovia adalah ibu kota negara Liberia, dimana Central Bank Of Liberia berada. Sebelum ditetapkan oleh badan legislatif Liberia 18 Oktober 1999 menjadi Central Bank of Liberia, nama bank itu adalan National Bank of Liberia. Bank inilah yang mencetak dan mengedarkan uang Liberia, nama mata uang negaranya adalah Dollar.

Advertisement
Simbol dari dolar liberia adalah L$. Sejarahnya, dolar liberia pertama diedarkan pada tahun 1847. Satuan ini ditetapkan berdasarkan satuan US Dollar, hanya sampai tahun 1907 yang kemudian mengadopsi British West African Pound, yang ditetapkan sesuai sterling.

Dolar kedua merupakan fase dimana US Dollar kembali menggantikan posisi  British West African Pound di tahun 1935.  Dan 2 tahun setelahnya, Liberia secara resmi mencetak dan mengedarkan uang logam pertamanya dengan standar penukaran uang sama dengan US Dollar.

Uang Logam dan Uang Kertas Dolar Liberia

Uang koin dolar liberia pertama kali dicetak tahun 1937, dan mengedarkan pecahan ½ sen, 1 dan 2 sen. Sen (cent) adalah sub unit dari L$ 1, nilainya L$ 1 = 100 sen. Koin yang beredar adalah 5, 10, 25, 50 sen dan 1 dolar. Sedangkan uang kertas yang beredar adalah nominal 5, 10, 20, 50 dan 100 dolar. Pada cetakan terakhir (1999) terdapat banner  nama Central Bank Of Liberia pada bagian belakang.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Liberia :

Nilai Tukar Liberia, Nama Mata Uang Negaranya adalah Dollar Terhadap Rupiah

Konversi 1 dolar liberia sama dengan 162,12 rupiah berdasarkan data terbaru  bulan Februari 2016. Dan nilai tukar US Dollar terhadap Dollar Liberian adalah USD 1 = LRD 84,66. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Liberia semoga bermanfaat.