Nama Mata Uang Negara Libya

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Libya - Libya atau dalam bahasa Arab disebut dengan Dawlat Libia merupakan salah satu negara Timur Tengah yang tepatnya terletak di wilayah Afrika Utara. Dimana negara ini berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, serta berbatasan pula dengan Mesir di sebelah timurnya.

Libya juga merupakan negara terbesar keempat di Afrika dengan luas wilayah sebesar 18 juta km2. Sejak tahun 1971, Libya, nama mata uang negaranya adalah Dinar menggantikan mata uang Pound yang digunakan sebelumnya. Selengkapnya akan diulas di bawah ini.
Nama Mata Uang Negara Libya

Istilah dan Latar Belakang

Negara Libya, nama mata uang negaranya adalah Dinar, menggunakannya sebagai mata uang resmi yang digunakan sejak tahun 1971. Dinar menggantikan Pound Libya yang sebelumnya digunakan sebagai alat perekonomian negara.

Advertisement
Dinar dikeluarkan oleh Bank Sentral Libya yang mengatur uang di negara tersebut. Sebagai negara islam, pecahan uang kertas dinar Libya, semuanya mengutip dari kitab suci al-Quran yang diambil dari surat al-Baqarah ayat 188. Dinar Libya mempunyai kode ISO yakni LYD atau Libya Dinar.

Uang Kertas dan Uang Logam Dinar Libya

Mata uang dunia Dinar Libya memiliki uang kertas dan uang logam dengan berbagai nilai yang berbeda. Seperti dinar pada umumnya, dinar Libya juga terbagi menjadi 1000 dirham setiap satuannya. Dimana setiap mata uang terbagi menjadi ¼, ½, satu, lima, 10, serta 20 dinar.

Di tanggal 31 Maret 2013, Bank Sentral Libya mengeluarkan uang kertas 20 dinar. Sedangkan di bulan Juni 2013, Bank Sentral Libya juga mengeluarkan uang kertas 50 dinar.akan tetapi nama dinar sendiri jarang digunakan di luar lingkaran yang resmi. Corak uang kertas dinar Libya mengandung gambar berupa peta negara Libya, para pemimpin negara dan tokoh pejuang dari negara Libya.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Libya :

Konversi Mata Uang Dinar Libya terhadap Rupiah Indonesia

Menurut data terkini pada tanggal 1 Februari 2016, untuk nilai tukar dengan rupiah Indonesia, dimana 1.000.000 Dinar Libya mata uang dunia sama nilainya dengan 9.771.330,40 Rupiah Indonesia. Demikian artikel Nama Mata Uang Negara Libya. Semoga bermanfaat.