Nama Mata Uang Negara Mozambik

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Mozambik - Negara Mozambik merupakan satu daerah penjajahan bangsa Portugis setelah berhasil menduduki wilayah Afrika. Mungkin anda belum pernah mendengar tentang negara Mozambik karena memang jarang sekali diekspos media. Sebagai sebuah negara, tentu saja Mozambik memiliki kisah sejarah tentang pemerintahan dan ekonominya.

Mozambik, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Escudo dan sama seperti yang digunakan Porugis. Mata uang Escudo sudah dipakai sampai tahun 1999 lalu dan kini diganti menggunakan Metical. Mata uang Euro menjadi alat transaksi bagi negara di Eropa. Mozambik memiliki perekonomian yang cukup maju mengandalkan pertambangan.
Nama Mata Uang Negara Mozambik
Tambang emas dan perak menjadi satu komoditas tambang potensial di negara tersebut. Karena adanya tambang tersebut Mozambik menjadi satu incaran bagi Portugis pada tahun 1885. Mozambik mendapat kemerdekaan pada tahun 1975 dan sebelum merdeka, warga Mozambik sudah menggunakan mata uang Escudo sebagai alat transaksi.

Advertisement
Namun sesuah merdeka, peran di daerah Afrika memicu guncangan besar bagi negara lain seperti Mozambik ini. Mozambik, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Escudo setelah masa perang mengalami dekradasi atau berangsur menurun. Untuk mempercepat perputaran uang setelah terjadinya perang, maka pihak Portugis berkerja sama dengan Mozambik untuk menggunakan mata uang Euro.

Perubahan dari Escudo ke Euro membutuhkan waktu cukup lama, masyarakat belum terbiasa dengan uang baru. Setelah mengalami pergantian mata uang, perekonomian Mozambik sudah cukup lancar. Untuk mempercepat perbaikan ekonomi, Mozambik bekerja sama dengan negara lain seperti Inggris untuk menjalin perekonomian yang kuat.

Jalinan kerja sama dengan Inggris tersebut membuahkan hasil, barangsur-angsur warga menggunakan Euro untuk alat transaksi. Masa-masa sulit dalam perpindahan mata uang dari 100 centavos ke Euro sangat lambat, kini uang Escudo sudah beralih ke TanjugVerde yang juga menjadi satu negara di Afrika. Nantinya dari pihak-pihak negara lain seperti Portugal dan Inggris akan menjalin kerjasama.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Mozambik :

Guna uuntuk meningkatkan perekonomian. Mozambik, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Escudo saat ini sudah tidak dipakai lagi. Untuk nilai tukar Escudo terhadap Rupiah sejak awal tahun 2016 lalu berkisar 1 Escudo = Rp 134.11. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Mozambik semoga bermanfaat.