Nama Mata Uang Negara Myanmar

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Myanmar - Satu negara di kawasan Asia yang memiliki kisah sejarah menarik dari segi pemerintahan dan mata uangnya adalah Myanmar. Setiap negara pasti memiliki sistem perekonomian untuk mengatur roda ekonomi masyarakat. Berbagai sektor potensial seperti pertanian dan pertambangan di Myanmar menajdi satu penopang utama dalam pemasukan negara.

Myanmar, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kyat saat ini banyak digunakan para warga. Nama Kyat berasal dari bahasa Myanmar dan berbentuk lambang MMK atau sering disingkat dengan K saja. Ternyata ada sejarah menarik dari mata uang Kyat ini, dimana terdapat masa-masa perkembangan Kyat sejak tahun 1852 hingga sekarang.
Nama Mata Uang Negara Myanmar
Myanmar, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kyat memiliki sejarah dimana pada tahun 1852 sampai 1889 bentuk dari mata uang ini didominasi oleh koin perak dan emas. Setiap satuan dari uang perak dan emas terdiri dari 20 pe. Perbandingan antara koin terbuat dari perak dan emas jelas berbeda dimana untuk 16 Kyat perak sama dengan 1 Kyat emas.

Advertisement
Pada tahun 1943 sampai 1945 yang menjadi perkembangan Kyat kedua sudah dimasuki oleh mata uang asing yakni Rupee. Mata uang dari India tersebut menggantikan Kyat pada tahun 1943 dan dalam pembagian satuannya dibagi menjadi 100 sen. Pamor dari mata uang Kyat terus meredup hingga Rupee berhasil mendominasi.

Setelah perang selesai, pada tahun 1952 sampai saat ini Rupee yang sebelumnya mendominasi berhasil lengser digantikan Kyat dan satuan dari Kyat dibagi menjadi 100 pya. Myanmar, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Kyat dalam perkembangannya memang mendapat pengaruh dari mata uang asing seperti Rupee dan Bhat. Saat ini peminat dari Kya masih cukup banyak ditengah ramainya transaksi mata uang asing.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Myanmar :

Wisatawan asing dari Thailand dan negara lainnya sering menggunakan Bath daripada Kyat, itulah penyebab kenapa mata uang asli Myanmar kian sepi. Nilai tukar Kyat atau MMK terhadap mata uang Indonesia cukup besar, untuk update terakhir sejak akhir Januari lalu mencatat 1 MMK = 10.5694. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Myanmar semoga bermanfaat.