Nama Mata Uang Negara Pakistan

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Pakistan - Menjelaskan tenang mata uang memang sangat menarik, terutama untuk negara-negara seperti India dan Pakistan. Rupee merupakan nama mata uang dari Pakistan dan juga India, selain dua negara tersebut Rupee dipakai oleh beberapa negara seperti Nepal, Sri Lanka, Mauritius, dan Seychelles. Mata uang satu negara pasti mengalami berbagai kisah sejarah mulai dari perubahan bentuk dan nilai nominalnya.

Pakistan memiliki arti tanah murni diambil dari Bahasa Urdu. Seorang tokoh gerakan Pakistan bernama Choudhary Rahmat Ali menjadi pencetus nama Pakistan. Pada masa lalu Rupee dipakai sebagai alat transaksi oleh berbagai negara selain Pakistan yakni Myanmar, Jerman, dan beberapa negara di Afrika Selatan.
Nama Mata Uang Negara Pakistan
Beberapa sumber mengatakan penamaan Rupee tersebut masih memiliki kaitan dengan mata uang dari Indonesia (Rupiah) dan Maladewa (Rufiyaa). Pakistan, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Rupee dan saat ini menjadi alat transaksi utama di Pakistan. Berbagai sumber pendapatan negara berasal dari pertanian dan industri. Dari segi pertanian, beberapa komoditas utama seperti beras, gula, kapas, dan gandum sangat membantu dalam meningkatkan pendapatan devisa.

Advertisement
Kemudian untuk industrinya terdiri dari tekstil, pupuk dan bahan kimia. Dari hasil industri tersebut rata-rata semua produk akan diekspor ke sejumlah negara kawasan Asia termasuk Indonesia. Pakistan, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Rupee mulai beredar luas di beberapa wilayah setelah sektor pertanian berjalan lancar.

Memang, dari sektor pertanian tersebut penerimaan negara sangat besar dibandingkan dari produk industri. Tercatat kegiatan eskpor dari Pakistan sejak tahun 1986 sebesar 3.306 juta Dolar dan untuk sektor impor mencapai 5.373 juta Dolar. Bahkan pada tahun sebelumna yakni 1985 pendapatan nasional Pakistasn mencapai 83.500 juta Dolar. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Pakistan :

Dari hasil catatan tersebut Pakistan, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Rupee mampu memaksimalkan semua potensi ekonomi meskipun dari sektor industri masih belum maju dibanding negara lain. Untuk perbandingan nilai tuakr Rupee dengan Rupiah tidak terlalu besar, dimana 1 Rupee = Rp 130.42. Data tersebut didapat dari bulan Januari 2016 lalu. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Pakistan semoga bermanfaat.