Nama Mata Uang Negara Selandia Baru

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Selandia Baru - Negara ini berada di dekat teritori wilayah negara persemakmuran Inggris, Australia. Selandia Baru, Mata Uang Negaranya sekarang Adalah Dolar, dan mata uang lama negaranya adalah pound (new zealand pound) sejak tahun 1933 sampai 1967.

Amerika Serikat menetapkan nilai tukar dolar Selandia Baru pada angka USD 1.43 = NZD 1. Kemudian berubah menjadi USD 1,12 = NZD 1 setelah mengalami devaluasi yang lebih tinggi daripada devaluasi pound sterling. Nilai tukar per Februari 2016 menjadi NZD 1 = USD 0,65 atau 1 US dollar bernilai 1,53 new zealand dollar.
Nama Mata Uang Negara Selandia Baru
Selandia Baru, Mata Uang Negaranya Adalah Dollar dan telah memiliki uang koin dan uang kertas sendiri. Sedikit berbeda dengan negara Timor Leste yang masih menggunakan uang kertas US dollar sebagai alat transaksi. Koin dollar selandia baru yang beredar adalah pecahan 10 sen, 20 sen, 50 sen, 1 dan 2 dollar. Cetak desain koin dolar selandia baru bergambar Ratu Elizabeth II di semua tampak depan koin.

Advertisement
Kabar yang beredar bahwa uang kertas seri terbaru Selandia Baru masih diproduksi sampai sekarang. Ukuran dan satuannya masih sama dengan uang kertas seri sebelumnya, juga masih memakai kombinasi material plastik yang sama. Begitu pula tema desain pada uang. Secara umum, tidak ada bedanya. Keduanya pun bisa dipakai secara bergantian, sampai masa berlaku yang ditentukan pemerintah.

Tentunya dibarengi dengan teknologi desain dan keamanan yang berkembang, sehingga menghindarkan negara dari kerugian akibat beredarnya uang palsu. Uang kertas seri terbaru yang sudah terbit dan beredar adalah pecahan NZ$ 5 pada NZ$ 10 pada Oktober 2015 silam. Sementara kabarnya pecahan NZ$ 20, NZ$ 50 dan NZ$ 100 diperkirakan terbit dan beredar pada April 2016.  Sampai pada waktu terbir seri terbaru pecahan tersebut, maka pecahan yang digunakan adalah terbitan tahun 1999.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Selandia Baru  :

Jika uang koin menggunakan desain gambar Ratu Elizabeth II pada tampak depan (observe), maka negara persemakmuran Inggris ini juga menggunakan desain gambar Ratu Elizabeth II pada watermark-nya (tanda air). Selandia Baru, Mata Uang Negaranya Adalah Dollar memiliki nilai tukar dengan rupiah Indonesia pada angka 8.985,79. Sedikit lebih rendah daripada nilai tukar US dollar. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Selandia Baru semoga bermanfaat.