Nama Mata Uang Negara Senegal

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Senegal - Senegal mata uangnya Franc. Dari sebutannya kita bisa mengetahui bahwa currency atau mata uang tersebut berasal dari Perancis (France). Namun kini Perancis sudah mengadopsi Euro sebagai mata uang negaranya dimulai pada tahun 1 Januari 1999 (secara de facto tahun 2002).

Terhitung dari tanggal 18 Februari, Perancis meninggalkan penggunaan Franc yang sudah berjalan selama 641 tahun, dan menjadi negara ke-12 yang menggunaka Euro bersama Belgia, Luxemburg, Belanda, Austria, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Finlandia, Irlandia, dan Jerman.
Nama Mata Uang Negara Senegal
Masih terdapat beberapa negara yang menggunakan Franc sebagai mata uang, yaitu Swiss (Switzerland) dan Liechtenstein di benua Eropa. Kemudian anggota negara Communaute Financiere Africaine (CFA) atau Komunitas Keuangan Afrika. Salah satunya Senegal, mata uang negaranya adalah Franc.

Advertisement
Selain Senegal, negara Francophone Africa atau negara Afrika yang menggunakan bahasa Perancis sebagai salah satu bahasa Nasional-nya seperti Chad, Kamerun, Togo, Burkina Fasso, Djibouti, Rwanda dan Gabon. Mereka masih menggunakan Franc dengan nilai tukar yang bervariasi. Kode mata uang yang dipakai bagi anggota CFA adalah XOF, lain hal dengan Rwanda yaitu RWF.

Konversi mata uang XOF terhadap USD berada pada angka 0,00165. Atau bisa dikatakan USD 1 = XOF 604, 394 (mid-market rates per Feb 1, 2016 08:05 UTC). Maka nilai tukarnya terhadap rupiah menjadi XOF 1 =  IDR 22.55. Sementara konversi Swiss Franc (CHF) ke Indonesian Rupiah (IDR) berada di angka 13.349,19 (exchange rates today). Dan RWF 1 = IDR 18,25.

Jika Senegal, mata uang negaranya adalah Franc, berbeda dengan negara Afrika lain yang sudah mengganti franc dengan mata uang lain : Allegria (Aljazair) dan Tunisia menggunakan dinar sejak tahun 1964 dan 1958, Madagaskar menggunakan ariary  sejak tahun 2005, dan Mauritania menggunakan ouguiya sejak 1973. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Senegal  :

Negara diluar Afrika yang juga sebelumnya menggunakan franc adalah Belgium (Belgia), Luxemburg, Monako, dan Andorra. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Senegal semoga bermanfaat.