Nama Mata Uang Negara Spanyol

Nama Mata Uang Negara Spanyol - Spanyol, seperti yang diketahui, pada tahun 2002 beberapa anggota Uni Eropa serentak mengganti mata uang mereka kedalam satuan Euro (EUR) dan menarik peredaran uang koin dan kertas (banknotes) dari masyarakat. Masyarakat dihimbau untuk melakukan penukaran pecahan uang lama ke uang Euro dalam tenggat waktu yang ditentukan.

Salah satu anggota Uni Eropa yang mengganti mata uangnya kedalam satuan Euro adalah Spanyol. Awalnya Spanyol, nama mata uang negaranya adalah Peseta. Sebelum Peseta, Spanyol pernah memakai Real, Peso dan Escudo seperti Portugal. Bagaimana perkembangan Peseta hingga menjadi Euro? Peseta diberlakukan sejak tahun 1869, setelah Spanyol bekerja sama dengan Latin Monetary Union atau Serikat Keuangan Bangsa Latin di tahun sebelumnya.
Nama Mata Uang Negara Spanyol
Peseta mengganti posisi escudo dengan nilai 5 peseta = 1 peso  = 2 escudos. Kemudian di tahun 1959, ditetapkan 1 US Dollar = 60 peseta. Namun di tahun 1967, peseta mengalami devaluasi terhadap British Pound, sehingga nilainya menjadi 1 pound = 168 pesetas dan memunculkan nilai baru terhadap dolar Amerika, USD 1 = ESP 70.

Advertisement
Kemudian Spanyol, nama mata uang negaranya adalah Peseta diganti dengan Euro. Nilai tukarnya menjadi EUR 1 = ESP 166,386. Pemerintah Spanyol memberikan tenggang waktu selama 3 bulan bagi masyarakat untuk menukarkan uang lama ke bentuk Euro. Namun sampai sekarang peseta masih digunakan di daerah kecil Spanyol seperti Mugardos.

Peseta digunakan oleh penduduk setempat untuk menstabilkan perekonomian. Di tahun 2011, Bank Sentral Spanyol (Banco De Espana) masih mengumumkan adanya peseta yang belum ditukar sebanyak US$ 2 miliar (sumber : bbc.com/indonesia) Jika peseta dikonversikan ke mata uang rupiah, maka 1 peseta = 89,3696 rupiah (mid-market rates : Feb 2, 2016 01:04 UTC).

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Spanyol :

Penukaran uang Spanyol, nama mata uang negaranya adalah Peseta saat ini hanya dilayani dalam bentuk Euro. Hanya di beberapa kota seperti di daerah Galicia, pantai utara Spanyol yang masih menerima peseta sebagai alat tukar. Negara lain yang masih menggunakan peseta adalah Andorra. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Spanyol semoga bermanfaat.

Disqus Comments