Nama Mata Uang Negara Siprus

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Siprus - Siprus adalah negara kepulauan di laut timur Mediterania, dan berbatasan dengan Libanon, Israel, Turki, dan Yunani. Populasi penduduk Siprus terdiri dari bermacam suku bangsa, umumnya mereka adalah pendatang dari negara tetangga seperti Turki, Yunani, British Raya, Rumania, Bulgaria, Sri Lanka, Syria, dan Russia.

Karena populasi terbesar adalah bangsa Turki dan Yunani, maka bahasa utama yang digunakan di Siprus adalah Greek (Yunani) dan Turkish (Turki). Bahasa Inggris hanya dipergunakan seperlunya saja, seperti pada pengumuman publik atau iklan. Pada tahun 2002 tepatnya tanggal 18 Februari, benua biru Eropa secara serentak mengganti beberapa mata uang anggota Uni Eropa dengan 1 mata uang, Euro (EUR).
Nama Mata Uang Negara Siprus
Diantara negara tersebut adalah Belanda yang mengganti Gulden, Jerman mengganti Deutsch Mark. Belgia mengganti Franc, dan Siprus, mata uang negaranya adalah Pound. Namun Siprus secara resmi mengganti Pound dengan Euro pada 1 Januari 2008. Yang awalnya Siprus, mata uang negaranya adalah Pound atau Cypriot Pound (CYP) secara resmi digantikan Euro (EUR),  dengan kurs EUR 1 sama dengan CYP 0.585274.

Advertisement
Cypriot pound juga dikenal dengan sebutan Lira, sama seperti mata uang Turki. Kemudian pemerintah Republik Siprus mengadopsi Euro pada 31 Desember 2007. Namun penggantian mata uang Euro tidak berlaku pada Republik Turki Siprus Utara (Turkish Republic Of Nothern Cyprus), yang tetap memakai mata uang resmi Lira, seperti mata uang Turki.

Siprus, mata uang negaranya adalah Pound memiliki  pecahan koin 1 sen, 2 sen, 5, 10, 20 dan 50 sen. Dan uang kertas 1 pound, 5, 10, dan 20 pound. Perubahan mata uang ini serta merta menjadikan Siprus menarik peredaran uang koin dan uang kertas (banknotes).

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Siprus :

Uang tersebut sah digunakan hanya sampai 31 Desember 2008, kemudian koin CYP bisa ditukarkan ke Central Bank Of Cyprus – Bank Sentral yang berhak dan bertugas mengeluarkan mata uang, pecahan baik koin maupun kertas – sampai 31 Desember 2009. Dan uang kertas masih berlaku sampai 31 Desember 2017 (sumber : en.wikipedia.org). Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Siprus semoga bermanfaat.