Nama Mata Uang Negara Venezuela

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Venezuela - Secara Geografis, Negara Venezuela adalah negara di bagian paling ujung dari Amerika Selatan. Negara yang berbatasan dengan Laut Karibia, Samudera Atlantik, Guyana, Brazil, dan Kolombia ini di bagi menjadi 23 negara bagian dengan ibukota bernama Caracas. Sedangkan kota-kota kecilnya berjumlah 335 kota dan memiliki lebih dari seribu desa.

Negara bagian tersebut kemudian di putuskan oleh presiden untuk di gabungkan secara administratif menjadi 9 wilayah. Untuk perekonomian, Venezuela, nama mata uang negaranya adalah Bolivar ini sebagian besar berasal dari sektor minyak bumi. Yakni sekitar 80 % dari hasil eksport.
Nama Mata Uang Negara Venezuela
Venezuela ini di nobatkan menjadi 5 besar pengeluaran minyak oleh OPEC. Sekitar 30 tahun dari tahun 1950 hingga 1980 ekonomi Venezuela mengalami pertumbuhan pesat namun stabil. Namun pada tahun 2009, ekonomi negara ini mulai guncang karena tingginya harga perbelanjaan negara. Dan pada tahun 2010 inflasi Venezuela juga meningkat drastis, yakni sekitar 35%.

Advertisement
Venezuela, nama mata uang negaranya adalah Bolivar ini mengumumkan sistem nilai tukar dual bolivar. Pengumuman ini di sampaikan langsung oleh Presiden, Hugo Chaves. Pada sistem ini menawarkan Bolivar 2,6 dalam rate USD sebagai import makanan, obat0obatan, dan mesin industri. Sementara Bolivar 4,3 dalam rate USD untuk import barang yang lebih besar. Misalnya kereta dan telepon.

Menurunnya nilai tukar Bolivar dengan Dollar Amerika Serikat ini semakin membuat warga negara Venezuela sengsara. Karena untuk mendapatkan bahan dasar pokok saja sulit. Hal ini di sebabkan karena harga minyak yang terus anjlok. Mengingat Venezuela mengandalkan sektor minyak bumi sebagai penghasil terbesar di negaranya.

Untuk membeli bahan pokok seperti susu,gula dan terigu saja sulit karena hampi 70 % bahan pokok Venezuela berasal dari barang import. Sang presiden, Nicolas Maduro di sebut tidak membantu dalam krisis ini. bahkan memenjarakan anggota negara yang tidak sesuai dengan prinsipnya. Seharusnya, Venezuela ini bisa meminta bantuan organisasi dunia, seperti OPEC.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Venezuela :

Namun pada kenyataanya, sampai kini belum bisa di prediksi apakah venezuel bisa membayar hutang negara mereka bulan Oktober mendatang. Untuk Venezuela, nama mata uang negaranya adalah Bolivar ini jika di konversikan dengan rupiah Indonesia adalah Rp10.000 sama dengan Bolivar 5. Itulah penjelasan mengenai Nama Mata Uang Negara Venezuela semoga bermanfaat.